how was the world that night? the picture you draw deeply in your eyes...

Senin, 29 Maret 2010

K-POP




Pada abad 21 ini, musik memiliku cukup banyak aliran dan masing2 aliran memiliki penggermar yang cukup banyak. Salah satu aliran tersebut adalah K-POP. Bila lo pertama kali denger kata ”K-POP” apa yg terlintas di kepala? Sudah tentu seseuatu yang berbau musik POP bukan? Untuk mengetahui lebih detail gw mewawancara Lamria Margareth Sianipar a.k.a GarElf sebagai salah satu penggemar musik aliran K-POP. Berikut adalah isi wawancara tersebut:


1) Lo sebagai penggemar music K-POP tahu gak asal mulanya itu darimana?

- K-POP itu masuk awalnya akibat musik pop jepang yang mempanguruhi unsur2 awal musik di Korea. Tapi bukan berarti musik mereka sama. Mereka punya warna sendiri dan pastinya ada tambahan yang membuat K-POP itu beda.


2) Kasih tau gw dong, contoh2 grup band K-POP.

- Grup yang cowok: Super Junior, SS501, SHINee, U-Kiss,TVXQ

- Kalo yang cewek: Girls Generation (SNSD), Wonder Girls, KARA, After School, 4minute, 2NE1


3) K-POP kan sudah termasuk aliran musik, tapi ada nggak sih golongan lainnya di K-POP itu sendiri? Sekalian minta contoh grup bandnya dong.

- Ada K-POP yang udah di mix sama genre lain, hip-hop, R&B, rap. dan ada juga musik trot yang lagi-lagi dipengaruhi oleh musik enka dari jepang. Wah itu contoh yang gw sebutin tadi udah termasuk semua tuh. Soalnya K-POP kebanyakan udah ga PURE lagi. Pasti ada gabungan sama genre lain.


4) Lo sendiri paling nge-fans sama grup band yang mana? Dan apa yang membuat lo nge-fans sama mereka?

- Jujur ya buat gw, gw lebih tertarik sama group band yang cowok, karena menurut gw lagu mereka, cara pembawaan mereka saat nyanyi dan dance mereka itu keren.... kalo yang cewek gw lebih suka 2NE1, lagu mereka, performance mereka dan style mereka itu buat gw jadi semangat! hahahaha Dan sekarang-sekarang ini gw jadi seneng sama fashion juga gara-gara 2NE1.


5) Grup band K-POP mana yang lagi naik daun saat ini?

- Sekarang ini kalo grup yang cowok lagi terkenal yang baru debut, contoh kayak BEAST, MBLAQ, CN-BLUE.. Kalo menurut gw sih malah lagi terkenal grup2 ceweknya soalnya Girls Generation, Lee Hyori, udah Comeback stage, jadi Girls Generation apalagi Lee Hyori tuh booming hehehe.


6) Bisa kasih gw satu judul lagu dari grup 2NE1 yang paling lo suka, sekalian di bagian mananya yang enak?

- Wah sebernya lagu 2NE1 tuh gw suka semua, tapi karena disuruh salah satu gw pilih yang FIRE, lagu ini adalah lagu andalan untuk debut mereka. Gw suka pas bagian Reffnya. Dan jangan salah beberapa temen gw juga ketularan dan suka loh, dengan lagu dan juga dancenya + fashion mereka (asli Keren!).. heheheheh.


7) Lo sendiri ngerti gak sih pesan apa atau makna apa dari lagu mereka? Kan mereka pake bahasa yang gak lo ngerti.

- Jujur kalo pertama kali denger lagunya tanpa ada MV(music videonya) gw gak ngerti, tapi kalo dah liat MVnya dan juga denger berkali-kali dan setelah itu baru cari liriknya gw ngerti. Kadang maknanya suka pas banget dengan apa yang gw rasaiin.


8) Sebenernya yang lo suka dari group band K-POP itu apa? Karena cowoknya ganteng kah? Musiknya? Atau stylenya? Atau ada yang lainnya?

- Mungkin awalnya agak aneh banget pas ngeliat dan ngedenger music K-POP beserta MVnya, tapi ternyata, lyric, music dan stylenya bisa mencuri hati gw (hahaha, gaya dah). Apa lagi dancenya, mendengar salah satu cerita teman gw, perjuangan satu group band yang bisa dance sampe rapih dan keren dan juga suara mereka yang bisa bagus itu adalah hasil dari latihan/training mereka selama 7 tahun. Setahu gw paling lama 7 tahun... jadi buat gw itu adalah perjuangan yang bisa dicontoh. Untuk meraih sesuatu itu gak bisa instant dan gampang jadi lo harus ada pengorbanan dan pastinya latihan dan kerja keras.


9) Menurut lo gimana pemberitaan media di Indonesia mengenai K-POP?

- Minim banget, penggemar K-POP yang lain pada tahu sih berita tentang band2 kesukaannya, tapi gak sering2 banget. mereka harus beli majalah yang ngebahas tentang K-POP, dan buat gw kadang berita yang mereka turunin itu gak up-to-date. Kalo gw saranin mending search yang up-to-date aja deh di allkpop.com soalnya di Indonesia K-POP masih gak 'wah' banget terdengarnya.


Demikianlah wawancara yang cukup mendetail tentang K-POP. Dengan ini semoga lu bisa lebih mengenal lebih dalam mengenai K-POP saat ini. Raving Maniac reporting...


-Posted by: Kevin Konggidinata a.k.a Raving Maniac

2 komentar:

  1. wooww gua penggemar berat korea nih, terutama SHINee sama SuJu apalagi anggota SHINee si Minho ahaha ganteng banget yaa Allah :D
    gua setuju tuh kalo K-POP mesti di ulas abis2an di Indonesia soalnya keren banget apalagi kalo ngeliat artis2 K-POP perform wwwaaaawww kereeeennn!!
    :D

    BalasHapus
  2. @anonim

    anda meminta dan kami akan menjawab, hehe!
    margareth sianipar a.k.a GarElf akan diwawancara lebih lanjut lagi demi K-POP!

    hehe, thanks bgt udah ngebaca! keep on readin yah, bakal di update kok!

    BalasHapus